Sabtu, 30 April 2016

SEMINAR AKBAR dalam MEMBENTUK JIWA ENTREPRENEUR di Kampus ASIA MALANG



Pagi semuanya.... apa kabar nih  ... luaaarrr..biasa..
Masih semangat kan ... oya di pagi yang cerah ini..Putri mau sharing sedikit soal seminar kemarin di hotel Kartika Graha, Malang yang bertemakan “Developing Entrepreneurship Mindset, How Passion and Innovation Drive Success”. Hemmm .. cetar banget gak sih , seminar ini menghadirkan 3 motivator sukses yakni
-Tanadi Santoso,MBA (Bussiness Innovation)
-Eric Yosua ,SE(motivator termuda yang telah berkarya di 4 negara)
-M. Arief Budiman(Chairman PT.Petakumpet)
Luar biasa banget ya ASIA mengundang 3 pembicara sukses, iyapz.. itu semua untuk menunjang dan memberi semangat untuk mahasiwa ASIA dalam kelas Bussiness Practice. Tujuan dibukanya kelas Bussiness Practice yakni untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja. Bussines Practice dibagi jadi 4 kelas yang wajib ditempuh mahasiswa , antara lain :
·         BP1=> Profesional mindset (mahasiswa wajib bisa menjadi EO,melobi sponsor dll.)
·         BP2 => (market research, design thinking , bussiness model)
·         BP3 => Digital Marketing
·         BP4 => Bussiness Function
Pada masa orde baru dulu, ada pepatah “anda kenal siapa, itu yang akan menentukan nasibmu kelak” , sangat berbeda dengan masa sekarang yakni “anda dikenal siapa, itu yang akan menentukan masa depan anda”. Dengan begitu kita bisa berfikir, betapa ketat persaingan yang harus kita hadapi , apa yang dapat kita perbuat agar kita bisa dikenal orang , betul gag guys. 



 Modal apa ya yang harus kita lakukan dalam memulai entrepreneur,pasti butuh modal gede kan? Gak kok guys, apapun yang kita lakukan asal ada niat pasti tercapai. Mungkin kita harus mulai dari bawah dulu, cobalah aktif dalam bidang marketing . yapz, mungkin kita memandang rendah profesi itu ya, tapi jangan salah , seorang marketing akan mendidik kita menjadi pribadi tangguh, tahan banting , secara pasti bakal sering banget kita bakal mengalami penolakan. Tapi seorang marketing yang tangguh bakal terus berusaha sampai kebal tuh dengan namanya penolakan apalagi jatuh bangun dalam bisnis. 




PASSION IN BUSSINESS
selain jiwa yang tahan banting, ada satu hal yang harus kita perhatikan , yakni Passion. apa sih Passion??? menurut M.Arief Budiman ,Passion adalah sesuatu yang kita lakukan itu menyenangkan, tapi orang lain lihat kita bego .. loh, kok gitu ...
haha, jadi gini guys, ibarat kita dikasih duit nih. . kamu pilih mendaki gunung atau pergi ke mall ?? haha so pasti pergi ke mall lah, bisa belanja ini itu, nongki-nongki syantik, dll . padahal pemandangan yang dilihat dari atas gunung jauh lebih menyegarkan pikiran. itu yang namanya passion, yakni seorang pebisnis harus tampil beda guys.
begitu juga seperti pengalaman yang di alami pembicara kita bapak M. Arief Budiman, beliau yang menjadi lulusan terbaik ISI yogyakarta dan langsung mendapat tawaran menjadi dosen di kampusnya tersebut, tapi beliau malah menolak dan memilih membuka usaha dengan teman-temannya. Keputusan yang "Goblok " pasti menurut orang lain . tapi tidak bagi beliau, itu adalah passion , menurutnya. Seandainya beliau memilih menjadi dosen , pasti beliau tidak seperti sekarang , memiliki perusahaan dan menjadi seorang maotivator. 
berikut quote yang penulis kutip dari seorang M. Arief Budiman :
1. Kelemahan anak muda zaman sekarang sering mendengar komentar di jejaring sosial, tapi tidak mendengarkan kata hati. Jadi berpura-puralah tuli untuk komentar negatif dari luar
2. Hidup sekali, jika tidak punya mimpi tinggi, jadi yang kita dapat hanya hidup yang biasa saja
3. PAssion, => berani berbeda
4. Passion modal utama untuk merubah dunia
5. Passion + Purpose  = Profit

INOVASI ATAU MATI
ada 4 elemen inovasi menurut bapak Tanadi Santoso, MBA ,yakni manusia, nilai lebih,implementasi , dan ide baru.
orang hebat punya 3 karakteristik :
1. orang hebat itu kadang harus bisa plin plan (yakni waktu dimana kita melihat ke depan ke belakang harus bijaksana & santai , atau harus bisa menyikapi dalam jika berada pada dua sisi yang berlawanan)
2. Orang hebat harus berani melawan arus (tidak gampang puas)
3. Orang hebat harus punya orang yang tidak setuju dengan kita, agar mengasah pendapat &keputusan agar lebih baik.

 nah,, kece kan guys materi seminarnya, semoga bermanfaat ya guys. Dan jangan takut mencoba . FIGHTING :-*




Pembicara : 1. Eric Yosua, S.E.
                      2. M. Arief Budiman
                      3. Tanadi Santoso, MBA.
Fasilitator : Lia Farockah
Ruang : Hotel Kartika Graha,Malang

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar